Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan fungsi supervisi terhadap terapis pada Human Service
Organizations yang diluncurkan dalam teori Human Service Organizations dan fungsi supervisi
yakni administratif, edukatif, dan suportif. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan
pelaksanaan fungsi supervisi terhadap terapis di YCHI Autism Center dan juga mendeskripsikan
faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pelaksanaan fungsi supervisi tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi deskriptif melalui studi literatur,
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil temuan lapangan menunjukkan fungsi supervisi
yang dilakukan oleh supervisor adalah fungsi supervisi administratif, edukatif, dan suportif.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah supervisor telah menjalankan beberapa aspek dari fungsi
supervisi administratif, edukatif, dan suportif kepada terapis di YCHI Autism Center dan
dilakukan secara terus menerus, walaupun belum terjadwal dengan baik karena harus disesuaikan
dengan kesibukan supervisor. Faktor pendukung yang mempengaruhi pelaksanaan fungsi
supervisi adalah pengetahuan supervisor yang mumpuni dan kemauan belajar terapis, sikap tegas
dan konsisten supervisor, dan ketersediaan materi dan bahan ajar. Sedangkan, faktor
penghambatnya ialah keterbatasan waktu supervisor dan perbedaan latar belakang pendidikan dari
terapis.
Deskripsi Lengkap