Pesatnya pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memungkinkan dan
meningkatkan variasi dalam teknologi pembelajaran. Pembelajaran daring (e-learning)
berkembang menjadi terminologi umum yang berlaku untuk pembelajaran termediasi
teknologi baik yang berjenis formal maupun informal. Hal ini mengakibatkan munculnya
komunitas pembelajaran virtual, sebagai salah satu varian pembelajaran daring informal.
Dengan memanfaatkan metode campuran, desain konvergen, dan varian basis data
paralel, penelitian ini berupaya mengeksplorasi dan menganalisis pengalaman pelajar
daring di Indonesia dalam komunitas pembelajaran virtual, yaitu Komunitas Guru Belajar
(KGB). Dalam penelitian ini, data kualitatif dan kuantitatif dikumpulkan dari melalui
survei daring terhadap 365 responden dan wawancara semi terstruktur dengan sembilan
orang informan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis faktor untuk dataset
kuantitatif dan analisis tematik untuk dataset kualitatif. Dalam fase interpretasi, data
digabungkan dan dianalisis menghadirkan pengukuran yang lebih baik terhadap konsep
dan pemahaman yang lebih baik terhadap konteks penelitian. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pengalaman pelajar dalam aktivitas pembelajaran daring di KGB
cenderung positif. Hasil tersebut terkonfirmasi melalui kedua analisis dataset. Secara
kuantitatif, 30 dari 32 indikator pengukur pengalaman pelajar terbukti memiliki skor
tinggi, yakni di atas 5. Analisis faktor menunjukkan bahwa indikator yang digunakan
dapat merepresentasikan sebesar 60% dari total variasi. Secara kualitatif, pengalaman
pelajar dianggap menyenangkan, berkualitas baik, bermanfaat, efisien, interaktif, dan
relevan dengan kebutuhan peserta didik. Terdapat empat faktor yang berkontribusi
terhadap hasil penelitian ini. Keempat faktor tersebut adalah faktor teknologi, faktor diri
pembelajar, faktor sosial, dan faktor program pembalajaran. Di samping temuan terkait
learner experience, penelitian ini juga menemukan bahwa media sosial potensial
dioptimalkan untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran daring.
Deskripsi Lengkap