Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0007-2020/ETS-Kom Aul p
Judul Pemasaran Sosial dalam Kampanye Isu Lingkungan Hidup (Studi Kasus Kampanye Malam Langit Gelap oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional)
Pengarang Aulia Pradipta Panjili
Penerbit dan Distribusi
Subjek Pemasaran sosial
Kata Kunci Social marketing
Lokasi Koleksi Digital MBRC FISIP UI
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0007-2020/ETS-Kom Aul p 0007-2020/ETS-Kom TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 76882
Sampul
Abstrak
Penelitian ini adalah studi kasus pada kampanye lingkungan hidup yang dilakukan lembaga negara yang memiliki tugas dan fungsi sebagai penyelenggara Keantariksaan, yaitu LAPAN. Studi ini melihat bagaimana pemasaran sosial dilakukan dalam mengampanyekan isu lingkungan hidup; yaitu polusi cahaya. Penerapan prinsip-prinsip pemasaran sosial dan manajemen kampanye pemasaran sosial menjadi fokus utama studi ini. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa lembaga negara telah menerapkan prinsip-prinsip pemasaran sosial pada kategorisasi change agent, cause, channels, dan change strategies. Namun lembaga negara masih perlu memperdalam pengkategorisasian target adopter. Penelitian ini juga menemukan bahwa lembaga negara perlu menerapkan proses manajemen pemasaran sosial dalam kampanyenya agar social product yang ditawarkan dapat diterima dengan baik oleh publik.