Isu #BubarkanKPI mempengaruhi reputasi Komisi Penyiaran Indonesia sebagai
representasi publik di bidang penyiaran. Diperlukan manajemen isu yang baik untuk
membentuk reputasi KPI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan isu
KPI dalam membentuk reputasi menghadapi isu #BubarkanKPI serta upaya dan
kendalanya menghadapi isu ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif dengan paradigma post positivistik dan pengumpulan data melalui teknik
wawancara, observasi, studi pustaka. Teknik Analisa data menggunakan data reduction,
data display, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan
pengelolaan atau manajemen isu khususnya di media sosial, KPI belum melakukannya
secara maksimal. KPI melalui humasnya menggunakan 4 tahap manajemen isu, yakni
planning, monitoring, analysing, dan communicating dan melakukan upaya untuk
membentuk reputasi menggunakan influencer dan publik figur. Kendala yang dihadapi
KPI adalah tidak adanya juru bicara dan kurangnya kompetensi sumber daya manusia
dalam mengelola isu di media sosial.
Deskripsi Lengkap