Iptek berperan penting terhadap kemajuan suatu bangsa, dan tesis ini membahas
mengenai upaya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia memperkuat corporate
identity sebagai salah satu lembaga riset nasional yang memproduksi informasi
hasil penelitian agar sampai kepada masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan
adalah melakukan strategi komunikasi dengan menggunakan konten digital di
media sosial Instagram. Tujuan penelitian untuk menganalisis strategi formulasi
konten dan implementasinya di Instagram yang dilakukan Lembaga Ilmu
Pengetahuan Indonesia untuk memperkuat corporate brand identity. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan dianalisis dengan metode teknik analisis
isi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan formulasi pesan yang dilakukan
menggunakan konten naratif dan implementasi strategi konten yang dilakukan oleh
LIPI telah mengikuti elemen pengemasan informasi yang baik dan secara optimal
mengedepankan unsur identitas lembaga sebagai tema utama dalam pengemasan
konten. Penelitian ini memberikan pandangan baru bahwa konsep corporate brand
identity tidak hanya dapat digunakan pada sektor swasta tetapi dapat dimanfaatkan
oleh lembaga pemerintah, dan strategi komunikasi untuk menguatkan brand
identity tersebut salah satunya adalah dengan strategi formulasi konten dan
implementasi strategi konten dengan optimal. Instagram LIPI membuktikan untuk
membuat suatu konten di media sosial lembaga pemerintah dapat dimulai lewat
menyajikan identitas lembaga itu sendiri sesuai dengan tugas dan fungsinya.
Deskripsi Lengkap