Dalam perusahaan stratup yang masih dalam tahap berkembang secara segi bisnis dan
sumber daya manusianya, perusahaan harus memahami bahwa kunci untuk meraih
kinerja perusahaan yang lebih baik adalah terjalinnya komunikasi yang baik untuk
mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam mencapai tujuan tersebut diperlukan adanya
komunikasi internal yang tersusun dan terlaksana dengan baik. Penelitian ini
membahas pola hubungan dimensi komunikasi internal berupa downward
communication, upward communication, horizontal communication dan diagonal
communication melalui media dan program komunikasi internal dalam PT Mobilkamu
Group Indonesia dalam rangka menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan
pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi lapangan dan analisa
dokumen tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi komunikasi upward
dan downward di PT Mobilkamu Group Indonesia menerapkan gaya partisipasif
berkonsesus, dimana terdapat atasan lebih banyak melibatkan bawahannya dalam
pembuatan keputusan dan adanya pola timbal balik dari karyawan untuk dapat
memberikan kontribusi dan partisipasi pada perusahaan. Sedangkan pada dimensi
horizontal dan diagonal, peneliti menemukan adanya interaksi antar sesama karyawan
pada satu divisi maupun lintas divisi dengan tingkat frekuensi yang cukup tinggi.
Peneliti menemukan adanya beberapa permasalahan konflik internal yang muncul
ketika penerapan kebijakan perusahaan. Oleh karena itu, peneliti menyarankan bahwa
perlu ada peningkatkan pemahaman dan pengetahuan karyawan dalam penerapan
kebijakan melalui media komunikasi internal perusahaan; menciptakan seorang
gatekeeper untuk eminimalisir masalah atau konflik yang timbul secara berlebihan;
dan mengoptimalkan perencanaan kegiatan internal agar karyawan dapat
berpartisipasi dengan aktif.
Deskripsi Lengkap