Perkembangan teknologi khususnya kehadiran internet membawa perubahan yang
sangat besar disegala bidang, khususnya pada bidang komunikasi yang telah mengubah
ekosistem komunikasi ke publik. Perubahan pola komunikasi dan aktivitas manusia
membuat terjadi perubahan perilaku konsumen pula. Agar dapat bertahan, maka pelaku
bisnis harus mampu beradaptasi bahkan melakukan inovasi dalam melakukan
komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran yang awalnya identik dengan
komunikasi pemasaran tradisional berkembang menjadi komunikasi pemasaran digital.
Penjualan yang biasanya dilakukan secara langsung atau offline menjadi jalur baru
untuk dilakukan secara online. Begitu pula pada bisnis pialang berjangka di Indonesia,
untuk meningkatkan penjualan dan memenangkan hati pelanggan, maka perlu
memodifikasi strategi komunikasi pemasarannya. Sebagian besar Perusahaan Pialang di
Indonesia masih menggunakan komunikasi pemasaran tradisional, dan sebagian
kecilnya sudah mulai melakukan komunikasi pemasaran digital. Salah satu perusahaan
yang sudah melakukan proses digitalisasi pada strategi komunikasi pemasarannya
adalah perusahaan XYZ. Penelitian kualitatif ini hendak menunjukkan strategi
komunikasi pemasaran dengan menggunakan teori IMC dan konsep digitalisasi pada
komunikasi pemasaran era 4.0 yang dilakukan perusahaan XYZ. Pada penelitian ini
ditemukan bahwa proses digitalisasi strategi komunikasi pemasaran tidak hanya sebatas
perubahan media yang digunakan menjadi media digital, tetapi juga ada pada perubahan
bauran pemasarannya. Dan akhirnya strategi komunikasi pemasaran digital tidak
menghilangkan komunikasi pemasaran tradisional melainkan berjalan beriringan saling
menguatkan dan terintegrasi.
Deskripsi Lengkap