Pemakaian alat kontrasepsi terbukti memberikan manfaat bagi masyarakat.
Terjadinya penurunan pemakaian alat KB menjadi isu yang harus untuk diperhatikan
terutama dari segi keefektifan strategi komunikasinya. Strategi yang banyak digunakan
dalam mempromosikan perilaku kesehatan adalah kombinasi framing pesan dan
kredibilitas sumber. Menurut theory of planned behavior, perilaku dapat diprediksi
berdasarkan niatnya, dan niat itu sendiri dipengaruhi oleh sikap. Penelitian ini bertujuan
untuk menguji pengaruh langsung framing pesan, kredibilitas sumber dan interaksi
keduanya terhadap niat pemakaian alat kontrasepsi secara langsung, maupun pengaruh
tidak langsung melalui attitude toward message dan pengetahuan. Penelitian dilakukan
dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode kuasi eksperimental factorial
design 2x2. Peneliti membagi 120 responden ke dalam 4 kelompok penelitian dengan
memberikan stimulus pesan yang berbeda di tiap kelompok. Eksperimen dilakukan secara
online dan offline. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode partial least
square. Hasilnya menunjukkan bahwa dari 12 hipotesis penelitian yang diajukan, 7
hipotesis diterima dan 5 ditolak. Framing pesan, kredibilitas sumber, dan interaksi
keduanya secara signifikan berpengaruh pada attitude toward message, namun tidak
memiliki pengaruh pada niat. Pengetahuan dan attitude toward message juga
mempengaruhi niat pemakaian alat kontrasepsi. Kredibilitas sumber terbukti memoderasi
pengaruh pembingkaian pesan terhadap sikap dan niat. Dalam konteks pemakaian alat
kontrasepsi, pesan dengan framing positif yang disampaikan oleh sumber yang
kredibilitasnya tinggi merupakan kombinasi yang paling efektif dalam mempengaruhi
sikap dan niat seseorang.
Deskripsi Lengkap