Penelitian ini menjelaskan terkait bagaimana sebuah merek menjadi pilihan bagi
konsumennya diantara banyaknya merek lainnya yang dijelaskan melalui konsep
preferensi merek. Preferensi merek dapat dipengaruhi dari berbagai faktor lainnya dari
sebuah merek seperti asosiasi merek, pengalaman merek, dan kepribadian merek.
Penelitian ini difokuskan dengan menguji sebuah merek dengan kategori produk
keterlibatan rendah sebagai objek penelitian. Adapun produk keterlibatan rendah yang
diuji dalam penelitian ini adalah minuman kopi dari sebuah merek kopi lokal, yaitu
Kopi Kenangan. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan
survei online kepada konsumen Kopi Kenangan sebanyak 175 orang. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa asosiasi merek, pengalaman merek, dan kepribadian merek
berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi merek pada produk keterlibatan
rendah (dalam hal ini produk Kopi Kenangan) sebesar 49,8% dan sisanya sebesar
50,2% dijelaskan oleh faktor lain diluar yang diuji dalam penelitian ini.
Deskripsi Lengkap