Kinerja (performance) suatu situs web adalah pengalaman pengguna yang menarik
untuk diteliti karena menjadi salah satu pengukuran penting dari perspektif pengguna.
Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini pun bertujuan untuk meneliti pengalaman
pengguna situs web dari sisi analisis faktor dan pengaruh pengalaman pengguna
mengakses situs web. Penelitian ini menguji empat skema, yaitu: (a) faktor-faktor
bagian dari pengalaman pengguna situs web, (b) pengaruh pengalaman pengguna
situs web terhadap kepercayaan kepada brand, (c) pengaruh pengalaman pengguna
situs web terhadap kembali ke situs web, dan (d) pengaruh pengalaman pengguna
situs web terhadap membagikan situs web ke pengguna lain. Pendekatan penelitian
ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Jenis penelitian ini ialah explanatory
research. Kuesioner penelitian bertipe daring dengan skala Likert tujuh kategori
respons. Populasi penelitian ini berjumlah 300 jurnalis dengan sampel penelitian
adalah sensus. Pengolahan data penelitian memanfaatkan bantuan Statistical Package
for the Social Sciences (SPSS) versi 25.0. Uji hipotesis penelitian menggunakan
confirmatory factor analysis (CFA) dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian
ini, pertama adalah ada delapan faktor yang menjadi bagian signifikan dari
pengalaman pengguna situs web, yaitu emosi pengguna, hedonis, desain, nilai
pengguna, usability, kecepatan akses, nilai publik, dan budaya. Kedua, pengalaman
pengguna situs web terbukti berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan kepada
brand, kembali ke situs web, dan membagikan situs web ke pengguna lain. Ketiga,
terbentuknya empat skema yang dapat menjadi cikal-bakal model pengalaman
pengguna situs web.
Deskripsi Lengkap