Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0037-2020/ETS-Kom Pur a
Judul Analisis Faktor-faktor dan Pengaruh Pengalaman Pengguna dalam Mengakses Situs Web (Studi Explanatory terhadap Pengguna Jurnalis dalam Mengakses Situs Web LIPI)
Pengarang Purwadi
Penerbit dan Distribusi 2020
Subjek analisis faktor
Kata Kunci factor analysis
Lokasi Koleksi Digital MBRC FISIP UI
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0037-2020/ETS-Kom Pur a 0037-2020/ETS-Kom TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 76931
Sampul
Abstrak
Kinerja (performance) suatu situs web adalah pengalaman pengguna yang menarik untuk diteliti karena menjadi salah satu pengukuran penting dari perspektif pengguna. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini pun bertujuan untuk meneliti pengalaman pengguna situs web dari sisi analisis faktor dan pengaruh pengalaman pengguna mengakses situs web. Penelitian ini menguji empat skema, yaitu: (a) faktor-faktor bagian dari pengalaman pengguna situs web, (b) pengaruh pengalaman pengguna situs web terhadap kepercayaan kepada brand, (c) pengaruh pengalaman pengguna situs web terhadap kembali ke situs web, dan (d) pengaruh pengalaman pengguna situs web terhadap membagikan situs web ke pengguna lain. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Jenis penelitian ini ialah explanatory research. Kuesioner penelitian bertipe daring dengan skala Likert tujuh kategori respons. Populasi penelitian ini berjumlah 300 jurnalis dengan sampel penelitian adalah sensus. Pengolahan data penelitian memanfaatkan bantuan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 25.0. Uji hipotesis penelitian menggunakan confirmatory factor analysis (CFA) dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini, pertama adalah ada delapan faktor yang menjadi bagian signifikan dari pengalaman pengguna situs web, yaitu emosi pengguna, hedonis, desain, nilai pengguna, usability, kecepatan akses, nilai publik, dan budaya. Kedua, pengalaman pengguna situs web terbukti berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan kepada brand, kembali ke situs web, dan membagikan situs web ke pengguna lain. Ketiga, terbentuknya empat skema yang dapat menjadi cikal-bakal model pengalaman pengguna situs web.