Deskripsi Lengkap

PengarangFitri Ramdhani Nurazizah
JudulHubungan Antara Tingkat Modal Sosial dengan Tingkat Subjective Well-being Mitra Pengemudi Aplikasi Gojek di Jabodetabek
Pembimbing/SupervisorIndera Ratna Irawati Pattinasarany
Bahasa UtamaInd
AbstrakMitra pengemudi adalah jenis pekerjaan lama (ojek), namun dengan keberadaan aplikasi berbasis teknologi informasi, pekerjaan ini berubah menjadi jenis pekerjaan baru (ojek online). Sejumlah penelitian terdahulu terkait mitra pengemudi sebagian besar berfokus pada aspek ekonomi dan teknologi, namun belum banyak membahas terkait modal sosial dan subjective well-being. Dalam penelitian ini, tingkat modal sosial berupa norma, jaringan dan kepercayaan akan dilihat hubungannya dengan tingkat subjective well-being mitra pengemudi. Mitra pengemudi dari aplikasi Gojek kemudian dipilih sebagai subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan menggunakan survei kepada 208 mitra pengemudi Gojek di Jabodetabek serta dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara tingkat modal sosial yang dimiliki dengan tingkat subjective well-being mitra pengemudi Gojek. Modal sosial berupa norma, jaringan, dan kepercayaan memiliki hubungan signifikan yang berkorelasi positif dengan tingkat subjective well-being mitra pengemudi Gojek. Korelasi positif ini menunjukkan semakin tinggi tingkat modal sosial yang dimiliki, maka semakin tinggi pula tingkat subjective well-being mitra pengemudi Gojek. Lebih lanjut, hasil penelitian ini menemukan identitas sebagai ojek online memiliki dampak terhadap tingkat jaringan sosial, kepercayaan, dan norma mitra pengemudi.
Jenis BahanSkripsi
Kode BahasaInd
Catatan Umum
No. Induk0006-2020/ESK-Sosio
No. Barkod0006-2020/ESK-Sosio
Kata KunciSocial Capital
Kota TerbitDepok
Tahun2020
SubjekModal Sosial
Tahun Buka Akses
Catatan Bibliografi
Penerbit
PemilikJKUNINDFISIP
Pembatasan Akses
LokasiKoleksi Digital MBRC FISIP UI
Catatan Disertasi
Akses dan Lokasi ElektronikFakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial
Sumber Koleksi
Deskripsi Fisik
Catatan Bahasa
No. Panggil0006-2020/ESK-Sosio Fit h
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0006-2020/ESK-Sosio Fit h 0006-2020/ESK-Sosio TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77017
Sampul
Abstrak
Mitra pengemudi adalah jenis pekerjaan lama (ojek), namun dengan keberadaan aplikasi berbasis teknologi informasi, pekerjaan ini berubah menjadi jenis pekerjaan baru (ojek online). Sejumlah penelitian terdahulu terkait mitra pengemudi sebagian besar berfokus pada aspek ekonomi dan teknologi, namun belum banyak membahas terkait modal sosial dan subjective well-being. Dalam penelitian ini, tingkat modal sosial berupa norma, jaringan dan kepercayaan akan dilihat hubungannya dengan tingkat subjective well-being mitra pengemudi. Mitra pengemudi dari aplikasi Gojek kemudian dipilih sebagai subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan menggunakan survei kepada 208 mitra pengemudi Gojek di Jabodetabek serta dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara tingkat modal sosial yang dimiliki dengan tingkat subjective well-being mitra pengemudi Gojek. Modal sosial berupa norma, jaringan, dan kepercayaan memiliki hubungan signifikan yang berkorelasi positif dengan tingkat subjective well-being mitra pengemudi Gojek. Korelasi positif ini menunjukkan semakin tinggi tingkat modal sosial yang dimiliki, maka semakin tinggi pula tingkat subjective well-being mitra pengemudi Gojek. Lebih lanjut, hasil penelitian ini menemukan identitas sebagai ojek online memiliki dampak terhadap tingkat jaringan sosial, kepercayaan, dan norma mitra pengemudi.