Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan tingkat dukungan sosial dengan
tingkat ekspektasi pendidikan anak marjinal. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan teknik pengumpulan data survei yang dilakukan di Yayasan Bina
Anak Pertiwi Jakarta. Total Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 responden
dengan karakteristik anak binaan aktif yang berusia 7-17 tahun. Teknik penarikan
sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling. Penelitian-penelitian
sebelumnya menjelaskan bahwa ekspektasi pendidikan anak lebih banyak dijelaskan
melalui peran latar belakang keluarga inti. Untuk memperkaya studi sebelumnya dan
ingin menyesuaikan dengan konteks pendidikan anak marjinal, peneliti menggunakan
faktor lain untuk menjelaskan tingkat ekspektasi pendidikan anak marjinal melalui
kontribusi dukungan sosial yang diberikan dari significant other mereka. Dukungan
Sosial Significant other ini bersumber dari orangtua, guru dan teman. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa tingkat dukungan sosial dari Orangtua, Guru dan teman secara
bersama-sama memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat ekspektasi
pendidikan anak marjinal. Penelitian ini juga menjelaskan bahwa tingkat Dukungan
sosial berdasarkan aktor dan dimensi tertentu memiliki hubungan signifikansi pada
dimensi ekspektasi pendidikan tertentu pada anak.
Deskripsi Lengkap