Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0019-2021/ETS-HI Cha p
Judul "Peran NGO Internasional dalam Masalah Lingkungan Hidup di Indonesia (Studi Kasus : Strategi Advokasi Rainforest Action Network dalam Perlindungan Kawasan Ekosistem Leuser Periode 2013-2019) "
Pengarang Charles Johan Parlindungan Sitompul
Penerbit dan Distribusi 2021
Subjek Jejaring transional, NGO, Rainforest Action Network, Kawasan Ekosistem Leuser, Strategi Advokasi, Deforestasi.
Kata Kunci Transnational Networks, NGO, Rainforest Action Network, Leuser Ecosystem Area, Advocacy Strategy, Deforestation, Palm Oil
Lokasi Koleksi Digital MBRC FISIP UI
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0019-2021/ETS-HI Cha p 0019-2021/ETS-HI Cha p TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77134
Sampul
Abstrak
Tesis ini membahas tentang kekuatan Non Governmental Organization (NGO) dalam menjalankan strategi kampanye mereka untuk mengubah kebijakan aktor yang menjadi target mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisa studi kasus Strategi Advokasi Rainforest Action Network dalam Perlindungan Kawasan Ekosistem Leuser periode tahun 2013-2019. Pertanyaan penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah ?Bagaimana strategi advokasi Rainforest Action Network untuk melindungi Kawasan Ekosistem Leuser dari masalah kerusakan lingkungan periode tahun 2013-2019??. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Rainforest Action Network (RAN) berhasil dalam menjalankan kampanye mereka terhadap berbagai perusahaan besar yang melakukan deforestasi di Kawasan Ekosistem Leuser. Kerangka teori yang digunakan adalah Transnational Advocacy Network (TAN) oleh Keck dan Sikkink. RAN menggunakan empat strategi utama dalam kampanyenya yaitu Information Politics, Symbolic Politics, Leverage Politics, and Accountability Politics. Jejaring transnasional yang dimiliki, sarana penyebaran informasi serta kemampuan RAN dalam menjalankan kampanye mereka adalah faktor-faktor penting yang berkontribusi terhadap keberhasilan advokasi RAN di Kawasan Ekosistem Leuser.