Internet merupakan salah satu sumber informasi yang penting bagi turis yang hendak
mengambil keputusan wisata. Komunikasi electronic word-of-mouth dari para turis yang
pernah berwisata di suatu destinasi dapat menjadi sarana promosi bagi destinasi wisata
tersebut. Hal itu pun berlaku dalam konteks pariwisata halal. Pariwisata halal dibangun
atas dasar nilai-nilai Islami. Turis muslim yang menjadi sasaran dalam pasar tersebut
adalah turis yang mempertimbangkan nilai-nilai agama dalam perilaku dan kehidupan
sehari-hari mereka. Penelitian ini menganalisis pengaruh religiositas, persepsi nilai, dan
kepuasan destinasi turis muslim terhadap electronic word-of-mouth. Persepsi nilai turis
muslim terhadap destinasi wisata halal diukur dengan beberapa variabel turunan, yaitu
kualitas dan harga dari dimensi nilai kognitif, emosional dan sosial dari dimensi nilai
afektif, pengalaman baru dan pengalaman berbeda dari dimensi nilai epistemik,
keamanan dan lokasi dari dimensi nilai kondisional, atribut fisik dan atribut nonfisik dari
dimensi nilai Islami. Data dikumpulkan dari turis muslim Indonesia yang pernah
berkunjung ke destinasi wisata halal Lombok melalui survei online dan dianalisis dengan
metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil
penelitian menunjukkan hanya nilai sosial dari persepsi nilai afektif yang memiliki
pengaruh signifikan terhadap electronic word-of-mouth. Hal tersebut menandakan turis
muslim melakukan komunikasi electronic-word-mouth jika mereka merasa lingkungan
sosial mereka memiliki persepsi yang baik terhadap destinasi wisata halal dan terhadap
turis yang berkunjung ke destinasi tersebut.
Deskripsi Lengkap