Salah satu peran public relations adalah membangun hubungan dengan para pemangku
kepentingan melalui engagement. Engagement terkait erat dengan bagaimana
memelihara para pemangku kepentingan dan hal ini selalu terkait erat dengan dialog dan
komunikasi dua arah. Pentingnya engagement telah semakin ditingkatkan dengan
pengembangan media sosial, yang memberikan peluang bagi publik untuk terlibat
dengan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi
perusahaan dalam membangun engagement melalui pola komunikasi simetris dua arah
pada konten media sosial Instagram, serta engagement yang terbentuk didalamnya.
Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, pendekatan kualitatif dengan studi
kasus pada Instagram Sinar Mas. Pengumpulan data primer dilakukan dengan
wawancara mendalam, sedangkan data sekunder diperoleh dari observasi terhadap
Instagram Sinar Mas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi perusahaan untuk membangun
engagement adalah dengan merancang konten yang relevan dengan kehidupan sehari-
hari, menggunakan visual design kreatif yang disesuaikan dengan target audiens,
menempatkan audiens dalam posisi yang setara, membuat pesan yang sederhana dan
menyisipkan pertanyaan sehingga dapat lebih mendorong komunikasi dua arah. Peneliti
juga menemukan bahwa dalam membangun engagement, perusahaan secara efektif
menerapkan komunikasi simetris dengan membangun interaksi, dialog, komunikasi
timbal balik, serta berusaha untuk selalu merespon pesan yang masuk. Dalam hal ini,
engagement yang terbentuk berada pada tingkat menengah atau pada tingkat analisis
individu yang disimpulkan dari hasil interaksi dan keterlibatan secara kognitif, afektif
dan perilaku dari pengikutnya di Instagram. Meski engagement merupakan aspek
penting, namun engagement di media sosial tidak menjadi satu-satunya faktor yang
mempengaruhi strategi komunikasi perusahaan secara keseluruhan.
Deskripsi Lengkap