Menggambarkan bagaimana meme politik yang viral di media sosial Twitter
melalui tiga dimensi dan faktor penyebaran konten apa saja yang muncul dalam
meme politik viral di media sosial Twitter pada saat demonstrasi mahasiswa pada
September 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
analisis isi (content). Data yang dianalisis adalah dari hasil dokumentasi lapangan
pada media Twitter. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa meme mengandung
tiga dimensi, yang mana setiap meme memiliki karakteristik dimensinya masing-
masing. Viralnya sebuah meme dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya ialah
enam faktor konten viral yang dikemukakan oleh Shifman (2014). Setiap meme
pasti memiliki dua atau lebih faktor tersebut. Faktor positivity (humour) merupakan
salah satu faktor yang sangat digemari dan dapat menjadi hal krusial dalam
membantu penyebaran meme tersebut. Selain itu, setiap meme juga memiliki fungsi
komunikasinya masing-masing yang dapat membantu bagaimana meme tersebut
dapat diterima baik dalam masyarakat. Meme yang viral juga bisa dibuat oleh akun
yang memiliki pengikut yang sedikit.
Deskripsi Lengkap