Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0005-2021/ETS-Kes Ani e
Judul Evaluasi Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha Unggulan (PKWU) Tahun 2018 Di LKP Budi Mulia Dua Culinary School, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Pengarang R. Ani Retno Dumilah
Penerbit dan Distribusi 2020
Subjek Bantuan Pemerintah
Implementasi Program
Pendidikan Kecakapan Hidup
Pemberdayaan
Kewirausahaan
Kata Kunci Entrepreneurship; Empowerment; Government Aid; Life Skills Education; Program Implementation
Lokasi Koleksi Digital MBRC FISIP UI
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0005-2021/ETS-Kes Ani e 0005-2021/ETS-Kes Ani e TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77178
Sampul
Abstrak
Fokus penelitian ini adalah evaluasi input, proses dan output dan dampak (outcome) program bantuan pemerintah Pendidikan Kecakapan Wirausaha Unggulan di LKP Budi Mulia Dua Culinary School Tahun 2018. Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan program mulai dari input, proses, output dan dampak program serta mendapatkan informasi tentang faktor-faktor pendukung dan penghambat jalannya program. Pendidikan sebagai upaya membangun ?Human Capital? seharusnya mampu menjadi jembatan bagi setiap individu untuk mampu mewujudkan kesejahteraan sosialnya. Pada kenyataannya tingkat pengangguran di Indonesia masih didominasi oleh lulusan sekolah pada jenjang menengah dan tinggi. Sebagai satu upaya untuk mengatasi permasalahan pengangguran di Indonesia, pemerintah menyelenggarakan program pelatihan keterampilan wirausaha berbasis kecakapan hidup. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui metode penelaahan dokumen, observasi lapangan dan wawancara mendalam. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 12 orang yang terdiri dari unsur penanggungjawab program, staf program, instruktur, dan peserta program. Hasil penelitian menunjukkan implementasi program baik input, proses, dan output program cukup baik meskipun terdapat beberapa hal yang melanggar ketentuan petunjuk teknis dan secara administratif masih memerlukan perbaikan, dampak program menunjukkan adanya perubahan bagi para peserta didik. Meskipun demikian sebagai sebuah program pemberdayaan yang menggunakan dana bantuan pemerintah, hal-hal terkait administrasi seperti dokumen perencanaan program pendampingan, kesepakatan kerjasama dengan DUDI dan evaluasi hasil pelatihan harus menjadi perhatian agar pelaksanaan program dapat lebih akuntabel.