Fokus penelitian ini adalah evaluasi input, proses dan output dan dampak (outcome)
program bantuan pemerintah Pendidikan Kecakapan Wirausaha Unggulan di LKP Budi
Mulia Dua Culinary School Tahun 2018. Tujuannya adalah untuk mendapatkan
gambaran pelaksanaan program mulai dari input, proses, output dan dampak program
serta mendapatkan informasi tentang faktor-faktor pendukung dan penghambat jalannya
program. Pendidikan sebagai upaya membangun ?Human Capital? seharusnya mampu
menjadi jembatan bagi setiap individu untuk mampu mewujudkan kesejahteraan
sosialnya. Pada kenyataannya tingkat pengangguran di Indonesia masih didominasi oleh
lulusan sekolah pada jenjang menengah dan tinggi. Sebagai satu upaya untuk mengatasi
permasalahan pengangguran di Indonesia, pemerintah menyelenggarakan program
pelatihan keterampilan wirausaha berbasis kecakapan hidup. Penelitian ini merupakan
penelitian evaluatif yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode
pengumpulan data melalui metode penelaahan dokumen, observasi lapangan dan
wawancara mendalam. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 12 orang yang
terdiri dari unsur penanggungjawab program, staf program, instruktur, dan peserta
program. Hasil penelitian menunjukkan implementasi program baik input, proses, dan
output program cukup baik meskipun terdapat beberapa hal yang melanggar ketentuan
petunjuk teknis dan secara administratif masih memerlukan perbaikan, dampak program
menunjukkan adanya perubahan bagi para peserta didik. Meskipun demikian sebagai
sebuah program pemberdayaan yang menggunakan dana bantuan pemerintah, hal-hal
terkait administrasi seperti dokumen perencanaan program pendampingan, kesepakatan
kerjasama dengan DUDI dan evaluasi hasil pelatihan harus menjadi perhatian agar
pelaksanaan program dapat lebih akuntabel.
Deskripsi Lengkap