Terdapat perubahan perilaku konsumen seiring dengan perkembangan teknologi
khususnya pada transaksi online. Salah satu transaksi online yang paling besar terdapat
pada e-commerce. Merek e-commerce dengan atribut manusia memiliki keunggulan
untuk bisa lebih dipilih oleh konsumen. Tokopedia sebagai brand e-commerce
terpopuler di Indonesia yang juga memperlihatkan ciri Human Brand dipilih sebagai
objek penelitian. Human Brand Model adalah skema praktis untuk membangun Human
Brand pada sebuah Merek. Human Brand Model terdiri dari empat lapisan, yaitu brand
traits, brand attributes, brand authenticity, dan brand benefits. Penelitian ini bertujuan
untuk melihat bagaimana penerapan human brand model yang dilakukan oleh
Tokopedia. Metode penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah Tokopedia melalui komunikasi dan kebijakan internal
mampu memenuhi penerapan indikator-indikator dari human brand model. Hal utama
yang dilakukan oleh Tokopedia adalah dengan pendekatan emosi dalam pesan
komunikasi yang dilakukan.
Deskripsi Lengkap