Setiap industri kini didorong untuk memanfaatkan teknologi, tidak terkecuali bisnis ritel
terutama minimarket. Meskipun pada dasarnya minimarket bertujuan untuk menjadi
fasilitas belanja yang lengkap dan dekat dengan pemukiman, namun ternyata para pelaku
bisnis melihat pentingnya bisnis ritel minimarket untuk membuka kanal berbelanja digital
menggunakan aplikasi. Salah satu perusahaan minimarket dengan gerai terbanyak di
Indonesia pun turut meluncurkan aplikasi belanja online KlikIndomaret. Dengan
perkembangan teknologi yang semakin pesat, maka penting bagi akademisi maupun
praktisi untuk melakukan penelitian mengenai teknologi. Tentu tidak hanya dalam hal
penerimaan dan penggunaannya, tetapi juga dampaknya bagi perusahaan tersebut bahkan
bagi industri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh penerimaan dan
penggunaan teknologi terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Kasus yang digunakan
adalah aplikasi KlikIndomaret. UTAUT2 yang diadaptasi dari berbagai model dan teori
terkait dengan penerimaan, adopsi, maupun penggunaan teknologi yang terdahulu
digunakan dalam penelitian ini sebagai dasar untuk mengerti faktor-faktor yang
mempengaruhi seseorang menggunakan aplikasi KlikIndomaret dan melihat
pengaruhnya terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap Indomaret. Penelitian
ini menggunakan paradigma positivis dengan metodologi kuantitatif survey. Kuesioner
digital dibagikan secara digital dan terdapat 113 responden pengguna aplikasi
KlikIndomaret. Hasil penelitian kemudian dianalisa menggunakan metode SEM PLS dan
hasil analisa model structural menunjukkan factor utama yang mendorong penerimaan
dan penggunaan Aplikasi KlikIndomaret adalah Social Influence, Habit, dan Facilitating
Condition. Di atas itu semua, penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan dari
penerimaan dan penggunaan aplikasi KlikIndomaret terhadap kepuasan dan loyalitas
pelanggan.
Deskripsi Lengkap