Strategi positioning modest fashion awalnya dilakukan untuk mempromosikan
event Modest Fashion Week, namun dalam perkembangannya justru menjadi
sebuah istilah dan tren baru yang berhasil menjadi game changer dalam industri
fashion dunia. Modest Fashion Week adalah acara pagelaran busana yang telah
diselenggarakan di berbagai kota di dunia seperti Istanbul, London, Dubai, Jakarta
dan Amsterdam. Acara ini didedikasikan untuk industri modest fashion, dan
diikuti oleh desainer dan merek pakaian dari berbagai negara. Modest fashion
sendiri merupakan gaya berpakaian yang banyak menutup bagian tubuh, potongan
yang tidak membentuk badan, tidak transparan dan sopan adalah elemen kunci
modest fashion, dimana penggunaan hijab bersifat opsional. Dengan kehadiran
konsep ini, desainer dan brand menjadi lebih leluasa dalam meluncurkan lini
modest fashion tanpa perlu khawatir dikaitkan dengan agama tertentu. Sehingga
memiliki potensi pangsa pasar yang lebih luas lagi dan mampu diterima dengan
baik di pasar fashion global. Proses positioning pada penelitian ini dimulai dari
memahami letak masalah dan menjadikan positioning sebagai solusi. Dalam
proses komunikasinya, pada kasus ini positioning dilakukan dengan menggunakan
influencer dan media massa internasional yang dilakukan secara konsisten sejak
sebelum acara berlangsung, saat acara berlangsung dan setelah acara
dilaksanakan. Hal ini memaksimalkan penyampaian pesan pada khalayak dan
membantu membangun positioning di benak khalayak.
Deskripsi Lengkap