Indonesia memiliki banyak bangunan tua bernilai sejarah yang sebagian mangkrak. Dengan
inovasi dan kreativitas, salah satu bangunan tua bekas pabrik gula di Banjaratma, Brebes, Jawa Tengah, berhasil direnovasi dan difungsikan sebagai rest area jalan tol sekaligus
destinasi wisata dan sentra UKM. Diresmikan pada Maret 2019, Rest Area Heritage 260B
Banjaratma saat ini menjadi satu-satunya rest area berkonsep heritage di Indonesia. Rest area
ini dibangun dengan mempertahankan bentuk asli fisik dari pabrik gula yang dibangun pada
jaman Hindia Belanda, sekitar tahun 1908. Keunikannya menjadikan rest area di tol Trans
Jawa ini viral di media sosial. Penelitian ini bertujuan melihat aspek pemasaran viral (viral
marketing) dan komunikasi media sosial dalam mempromosikan dan membangun awareness
masyarakat tentang suatu destinasi wisata. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan
metode studi kasus. Data diperoleh dari wawancara dengan pengelola dan pengunjung rest
area, observasi lapangan, dokumentasi, studi pustaka dan data internet. Teknik pengumpulan
data dilakukan secara triangulasi dengan analisis yang bersifat induktif. Kesimpulannya, sesuatu yang unik dan berbeda akan mudah menjadi viral di media sosial. Penelitian ini
memiliki implikasi praktis yaitu sebagai kisah sukses pemasaran viral dalam mempromosikan
destinasi heritage. Selain itu juga menjadi percontohan untuk pengembangan rest area
berkonsep destinasi wisata heritage ke depannya.
Deskripsi Lengkap