Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0052-2021/ETS-Kom Car i
Judul Interpretasi Jurnalis Televisi atas Kode Etik Jurnalis Televisi Indonesia (Studi pada Jurnalis Liputan 6 SCTV Endorser Produk di Instagram)
Pengarang Carlos Margondo Pardede
Penerbit dan Distribusi 2020
Subjek Jurnalis Televisi, Kode Etik Jurnalis Televisi, Influencer, Endorser, Instagram
Kata Kunci Television Journalists, Television Journalists Code of Ethics, Influencer, Endorser, Instagram
Lokasi MBRC FISIP UI Lantai 3
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0052-2021/ETS-Kom Car i 0052-2021/ETS-Kom TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77275
Sampul
Abstrak
Tesis ini berusaha mengupas interpretasi jurnalis televisi atas kode etik jurnalis televisi Indonesia saat mereka melakukan endorse produk di Instagram, alasan mereka melakukannya dan apakah ada benturan antara kode etik jurnalis televisi dengan kegiatan komunikasi pemasaran digital itu. Dengan popularitas yang dimiliki, banyak jurnalis televisi yang menggunakan akun Instagram mereka menjadi medium pemasaran yaitu sebagai endorser. Dengan paradigma interpretif dan pendekatan kualitatif, penulis menggunakan pemikiran etika media yang menjadi patokan moral untuk jurnalis televisi sebagai seorang profesional. Konsep Self-regulation dalam self-regulatory bodies yang dibentuk tenaga profesional juga digunakan. Selain itu digunakan juga konsep transformasi jurnalisme kontemporer untuk menelaah adanya pergeseran peran jurnalis di era digital. Berdasarkan data yang diperoleh dari wawancara dan observasi, hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa jurnalis televisi endorser produk di Instagram tidak menganggap kegiatan pemasaran digital tersebut melanggar kode etik profesi. Mereka menilai tidak ada aturan bagi jurnalis televisi dalam berperilaku di media sosial.