Deskripsi Lengkap

PengarangAdinda Salsabila Putri Kusumah
JudulCultural Production Through Digital Materiality: Dibalik Kampanye Komersial Key Opinion Leader (KOL) Pada Media Sosial Instagram
Pembimbing/SupervisorIman Fachruliansyah, S.Sos, M.Si
Bahasa UtamaIND
AbstrakMaterialitas digital adalah elemen yang hampir tak terelakkan dari pengalaman, kegiatan, serta kehidupan sehari-hari dari manusia. Penggunaan media menjadi refleksi dari dinamika pada masyarakat yang menghadirkan bentuk-bentuk materialitas digital pada kehidupan. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan analisis terkait materialitas digital yang tidak hanya sebagai suatu hasil tetapi sebagai proses berkelanjutan yang terikat dengan dinamika produksi budaya. Dengan mengangkat kampanye komersial pada influencer marketing sebagai kasus dalam penelitian. Melihat bagaimana materialitas digital digunakan pada influencer marketing dan bagaimana proses serta dinamika pada agensi influencer marketing mampu memproduksi budaya melalui materialitas digital tersebut.. Penelitian berfokus pada apa yang ada digital dan apa yang terjadi di baliknya pada kehidupan nyata, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif etnografi digital, bertujuan untuk mendapatkan pemahaman mendalam terkait kampanye komersial KOL pada media sosial. Penelitian ini, melihat bahwa fitur Instagram sebagai bentuk materialitas digital dari influencer marketing. Materialitas digital membuka ruang untuk manusia pada kehidupan nyata memanfaatkannya dalam memproduksi budaya melalui konjungtur dari materialitas dan sosialisasi melalui habitus. Materialitas digital membentuk normativitas dengan menghadirkan kapasitas manusia untuk menggunakan material-material tersebut ke dalam habitus. Habitus dari penggunaan materialitas digital, didukung dengan adanya field dan capital, digunakan pada industri media yang akhirnya mendorong produksi budaya dari influencer marketing.
Jenis BahanSkripsi
Kode BahasaIND
Catatan Umum
No. Induk0028-2021/ESK-Ant Adi c
No. Barkod0028-2021/ESK-Ant Adi c
Kata KunciDigital Materiality; Cultural Production; Influencer Marketing; Instagram; Key Opinion Leader.
Kota Terbit
Tahun2021
Subjek
Tahun Buka Akses
Catatan Bibliografi
Penerbit
Pemilik
Pembatasan Akses
Lokasi
Catatan Disertasi
Akses dan Lokasi Elektronik
Sumber Koleksi
Deskripsi Fisik
Catatan Bahasa
No. Panggil0028-2021/ESK-Ant Adi c
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0028-2021/ESK-Ant Adi c 0028-2021/ESK-Ant Adi c TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77371
Sampul
Abstrak
Materialitas digital adalah elemen yang hampir tak terelakkan dari pengalaman, kegiatan, serta kehidupan sehari-hari dari manusia. Penggunaan media menjadi refleksi dari dinamika pada masyarakat yang menghadirkan bentuk-bentuk materialitas digital pada kehidupan. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan analisis terkait materialitas digital yang tidak hanya sebagai suatu hasil tetapi sebagai proses berkelanjutan yang terikat dengan dinamika produksi budaya. Dengan mengangkat kampanye komersial pada influencer marketing sebagai kasus dalam penelitian. Melihat bagaimana materialitas digital digunakan pada influencer marketing dan bagaimana proses serta dinamika pada agensi influencer marketing mampu memproduksi budaya melalui materialitas digital tersebut.. Penelitian berfokus pada apa yang ada digital dan apa yang terjadi di baliknya pada kehidupan nyata, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif etnografi digital, bertujuan untuk mendapatkan pemahaman mendalam terkait kampanye komersial KOL pada media sosial. Penelitian ini, melihat bahwa fitur Instagram sebagai bentuk materialitas digital dari influencer marketing. Materialitas digital membuka ruang untuk manusia pada kehidupan nyata memanfaatkannya dalam memproduksi budaya melalui konjungtur dari materialitas dan sosialisasi melalui habitus. Materialitas digital membentuk normativitas dengan menghadirkan kapasitas manusia untuk menggunakan material-material tersebut ke dalam habitus. Habitus dari penggunaan materialitas digital, didukung dengan adanya field dan capital, digunakan pada industri media yang akhirnya mendorong produksi budaya dari influencer marketing.