Materialitas digital adalah elemen yang hampir tak terelakkan dari pengalaman,
kegiatan, serta kehidupan sehari-hari dari manusia. Penggunaan media menjadi refleksi
dari dinamika pada masyarakat yang menghadirkan bentuk-bentuk materialitas digital
pada kehidupan. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan analisis terkait materialitas
digital yang tidak hanya sebagai suatu hasil tetapi sebagai proses berkelanjutan yang
terikat dengan dinamika produksi budaya. Dengan mengangkat kampanye komersial
pada influencer marketing sebagai kasus dalam penelitian. Melihat bagaimana
materialitas digital digunakan pada influencer marketing dan bagaimana proses serta
dinamika pada agensi influencer marketing mampu memproduksi budaya melalui
materialitas digital tersebut.. Penelitian berfokus pada apa yang ada digital dan apa yang
terjadi di baliknya pada kehidupan nyata, dengan menggunakan metode penelitian
kualitatif etnografi digital, bertujuan untuk mendapatkan pemahaman mendalam terkait
kampanye komersial KOL pada media sosial. Penelitian ini, melihat bahwa fitur
Instagram sebagai bentuk materialitas digital dari influencer marketing. Materialitas
digital membuka ruang untuk manusia pada kehidupan nyata memanfaatkannya dalam
memproduksi budaya melalui konjungtur dari materialitas dan sosialisasi melalui
habitus. Materialitas digital membentuk normativitas dengan menghadirkan kapasitas
manusia untuk menggunakan material-material tersebut ke dalam habitus. Habitus dari
penggunaan materialitas digital, didukung dengan adanya field dan capital, digunakan
pada industri media yang akhirnya mendorong produksi budaya dari influencer
marketing.
Deskripsi Lengkap