Penelitian ini menunjukkan bagaimana proses pembelajaran budaya di LPK Putra Maju
Lembang, Jawa Barat. Penelitian ini berargumen bahwa proses pembelajaran budaya
sudah dilakukan sejak masa pelatihan di Indonesia dan melatarbelakangi pembentukan
kompetensi lintas budaya. Penelitian ini menggunakan metode etnografi di antaranya
pengamatan terlibat, pengumpulan data sekunder, dan wawancara mendalam kepada
tujuh informan yang terdiri dari lima trainee dan dua sensei. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa proses pembelajaran budaya dilakukan dengan cara memberikan
materi nihonjijjou baik di dalam maupun luar kelas LPK Putra Maju Lembang. Strategi
pembelajaran budaya menekankan kepada peran senpai, pensuasanaan tempat kerja,
cerita kesuksesan senpai hingga musik dan film sebagai media pembelajaran. Proses
pembelajaran budaya berdampak terhadap pembentukan kompetensi lintas budaya.
Trainee mampu untuk mengidentifikasi dan menerima kebudayaan korporasi Jepang
pada kehidupan sehari-harinya. Penelitian ini menawarkan siklus pembelajaran budaya
yang terjadi selama pelatihan trainee di Indonesia maupun di Jepang.
Deskripsi Lengkap