Pandemi COVID-19 mengubah kehidupan sosio-ekonomi masyarakat secara signifikan.
Kelas menengah, khususnya, termasuk kelas yang cukup rentan dan mudah terpengaruh
oleh syok (Dartanto et al., 2019). Karena perubahan ini, penjualan makanan jadi di
Komplek TVRI meningkat dibanding sebelumnya, dan di waktu yang sama, fenomena
?membeli untuk membantu teman? yang dilakukan oleh warga kelas menengah juga
semakin marak terjadi. Meskipun pembelian makanan jadi sering dilihat sebagai
commodity exchange, ada unsur sosial di dalam transaksi ini. Dalam meneliti hal
tersebut, metode yang digunakan adalah metode kualitatif etnografi, sedangkan
pengambilan data dilakukan melalui wawancara virtual dan tatap muka terhadap lima
informan yang dipilih menggunakan metode purposive sampling, serta melalui
observasi partisipasi dan pengambilan data sekunder. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk menggambarkan charity, gift exchange, dan solidaritas yang terjadi dalam
pembelian makanan jadi di kalangan warga kelas menengah di Komplek TVRI, dan
bagaimana hal tersebut berhubungan dengan relasi antarwarga. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa perilaku membantu ini dapat dilihat sebagai bentuk solidaritas
antara sesama penduduk Komplek TVRI, dan solidaritas antara sesama manusia yang
mengalami dampak pandemi COVID-19. Perilaku pembelian makanan juga
mempengaruhi relasi antara penjual dan pembeli secara positif. Adanya unsur
ketimpangan dalam pembelian makanan jadi, mengklasifikasikan perbuatan ini sebagai
bentuk charity. Charity dilakukan warga menggunakan metode ini, karena pemberian
uang secara cuma-cuma dianggap memberi rasa malu dan tersinggung pada pihak
penjual, dan karena pembelian dianggap lebih bermanfaat bagi penjual dalam jangka
panjang. Pembelian makanan jadi juga dapat dilihat sebagai bentuk gift exchange karena
adanya unsur resiprositas antara penjual dengan pembeli. Dapat disimpulkan, bahwa
perilaku pemberian makanan jadi ini mencerminkan charity, gift exchange, dan
solidaritas yang dilakukan oleh warga kelas menengah di Komplek TVRI, dan juga
berhubungan erat dengan relasi antarwarga, khususnya antara penjual dan pembeli.
Deskripsi Lengkap