Deskripsi Lengkap

PengarangRifan Kalbuadi
JudulSekuritisasi Keamanan Rezim Terhadap Kelompok Ikhwanul Muslimin Oleh Pemerintah Arab Saudi Pasca Musim Semi Arab 2011
Pembimbing/SupervisorAli Abdullah Wibisono, M.A., Ph.D.; Agung Nurwijoyo, S.Sos., M.Sc.
Bahasa UtamaIND
AbstrakKajian ini menganalisis proses sekuritisasi keamanan rezim yang dilakukan pemerintah Arab Saudi terhadap kelompok Ikhwanul Muslimin (IM) pasca peristiwa Musim Semi Arab 2011. Dengan menggunakan teori sekuritisasi dan metode penelitian deskriptif kualitatif, kajian ini menemukan bahwa langkah sekuritisasi terhadap kelompok IM dilakukan Saudi untuk menolak pengaruh IM di wilayah domesti, regional dan untuk mencegah spillover dari peristiwa Musim Semi Arab. IM dinilai sebagai sebuah ancaman terhadap berlangsungnya sistem politik monarki rezim Saudi karena seruan reformasi politik, anti-otoriter dan tuntutan demokrasi yang terjadi di berbagai wilayah Timur Tengah. Keberhasilan IM dan kelompok yang berafiliasi dengannya terlihat dari jatuhnya beberapa rezim sekutu Saudi, seperti Mesir. Dukungan Saudi sebagai aktor dominan terhadap rezim sekutu yang jatuh pasca Musim Semi Arab 2011, penetapan IM sebagai organisasi teroris oleh Saudi pada 2014 dan perjanjian Riyadh antara negara GCC yang diinisiasikan Saudi, dilihat sebagai bagian dari tindakan sekuritisasi Saudi untuk menolak pengaruh ideologi IM di tingkat domestik dan mempertahankan status quo di tingkat regional.
Jenis BahanTesis
Kode BahasaIND
Catatan Umum
No. Induk0040-2021/ETS-HI Rif s
No. Barkod0040-2021/ETS-HI Rif s
Kata KunciSekuritisasi, Keamanan Rezim, Arab Saudi, Ikhwanul Muslimin , Musim Semi Arab 2011
Kota TerbitDepok
Tahun2021
SubjekSekuritisasi, Keamanan Rezim, Arab Saudi, Ikhwanul Muslimin , Musim Semi Arab 2011
Tahun Buka Akses
Catatan Bibliografi
PenerbitFISIP UI
Pemilik
Pembatasan Akses
Lokasi
Catatan Disertasi
Akses dan Lokasi Elektronik
Sumber Koleksi
Deskripsi Fisik
Catatan Bahasa
No. Panggil0040-2021/ETS-HI Rif s
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0040-2021/ETS-HI Rif s 0040-2021/ETS-HI Rif s TERSEDIA
File Digital
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77470
Sampul
Abstrak
Kajian ini menganalisis proses sekuritisasi keamanan rezim yang dilakukan pemerintah Arab Saudi terhadap kelompok Ikhwanul Muslimin (IM) pasca peristiwa Musim Semi Arab 2011. Dengan menggunakan teori sekuritisasi dan metode penelitian deskriptif kualitatif, kajian ini menemukan bahwa langkah sekuritisasi terhadap kelompok IM dilakukan Saudi untuk menolak pengaruh IM di wilayah domesti, regional dan untuk mencegah spillover dari peristiwa Musim Semi Arab. IM dinilai sebagai sebuah ancaman terhadap berlangsungnya sistem politik monarki rezim Saudi karena seruan reformasi politik, anti-otoriter dan tuntutan demokrasi yang terjadi di berbagai wilayah Timur Tengah. Keberhasilan IM dan kelompok yang berafiliasi dengannya terlihat dari jatuhnya beberapa rezim sekutu Saudi, seperti Mesir. Dukungan Saudi sebagai aktor dominan terhadap rezim sekutu yang jatuh pasca Musim Semi Arab 2011, penetapan IM sebagai organisasi teroris oleh Saudi pada 2014 dan perjanjian Riyadh antara negara GCC yang diinisiasikan Saudi, dilihat sebagai bagian dari tindakan sekuritisasi Saudi untuk menolak pengaruh ideologi IM di tingkat domestik dan mempertahankan status quo di tingkat regional.