Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0069-2021/ETS-Kes Ilh p
Judul Pemberdayaan Komunitas melalui Pengembangan Human Capital Oleh Gerakan Indonesia Mengajar di Desa Labuang Kallo, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur
Pengarang Ilham Fathur Rahman
Penerbit dan Distribusi 2021
Subjek Human Capital, Indonesia Mengajar, Strategi, Pemberdayaan, Manfaat
Kata Kunci Human Capital, Indonesia Mengajar, Strategi, Pemberdayaan, Manfaat
Lokasi
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0069-2021/ETS-Kes Ilh p 0069-2021/ETS-Kes Ilh p TERSEDIA
File Digital
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77490
Sampul
Abstrak
Berbagai macam permasalahan yang terjadi di desa terpencil adalah terisolirnya dari berbagai akses yang membuat sumber daya manusia mereka tidak berkambang. Penelitian ini membahas tentang Indonesia Mengajar Sebagai NGO dalam pelaksanaan pemberdayaan melalui pengambangan human capital di salah satu desa terpencil di Kalimantan timur, yakni Desa Labuang Kallo, Kecamatan Tanjung Harapan, Kabupaten paser. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara mendalam kepada para beneficiaries dan pelaku program, informan yang terdiri dari para pekerja sosial (fasilitator pengajar muda) Indonesia Mengajar, Officer program dan direksi eksekutif Indonesia Mengajar, Dinas pendidikan kabupaten paser, dewan guru SDN 002 Tanjung Harapan, Alumni SDN 002 Tanjung Harapan serta perwakilan masyarakat Desa Labuang Kallo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat strategi pemberdayaan melalui pengembangan human capital masyarakat Desa Labuang Kallo, yang dilakukan oleh Indonesia Mengajar, serta ingin melihat manfaat apa saja yang ditimbulkan dari pengembangan human capital di masyarakat Desa Labuang Kallo, Kabupaten paser, Kalimantan Timur. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa: (1) strategi yang digunakan Indonesia mengajar dalam pengembangan human capital adalah dengan melalui pemberdayaan masyarakat dan mobilisasi berbagai potensi masyarakat, dengan fokus kegiatan melalui intrakurikuler dan pengajaran, ekstrakurikuler, kegiatan bersama masyarakat, kegiatan advokasi. Kegiatan IM berfokus pada sekolah dan aktivitas masyarakat serta membantu membangun jejaring dengan stakeholder pemerintah daerah setempat dan berbagai sumberdaya lainnya yang mendukung program (2) Manfaat Pengembangan Human Capital Masyarakat Desa Labuang Kallo yang dilakukan oleh Indonesia Mengajar yang dirasakan oleh masyarakat, meliputi bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan, sosial budaya, serta ekonomi yang dirasakan sejak awal program hingga saat penelitian ini dilakukan.