Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Indonesia adalah hal yang esensial, komunikasi
memainkan peran penting dalam meyakinkan masyarakat untuk melakukan vaksinasi.
Komunikasi kredibel berdasarkan fakta dan yang terarah dan terorganisir dari hulu ke hilir
adalah hal yang diharuskan dalam melakukan komunikasi krisis selama pandemi.
Penyampaian pesan pentingnya vaksin covid-19 dilakukan oleh media. Pada penelitian ini
ingin melihat proses transfer antar informasi yang dilakukan oleh media ke sesama media
dalam menyebarkan informasi vaksin covid-19. Dengan menggunakan konsep Intermedia
Agenda Setting penelitian ini mengungkapkan adanya media sentral yang dapat dijelaskan
melalui konsep preferential attachment dalam jaringan. Penelitian ini menggunakan alat big
data dengan mengumpulkan lebih 10,000 artikel pada rentang Agustus 2020 hingga Januari
2021. Hasil sampel tersebut kemudian dianalisis menggunakan Social Network Analysis
dan Analisis Isi sintaksis yang mampu menggambarkan struktur jaringan intermedia agenda
setting penyebaran informasi digital vaksin covid-19 di Indonesia, media sentral dalam
jaringan dan penonjolan topik vaksin covid-19 yang dilakukan oleh kelompok-kelompok
media konglomerasi dalam jaringan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa dalam
jaringan digital terdiri online tribal bureaucracy berupa hireaki dan Cyber Chief berupa
media legasi yang mempengaruhi informasi vaksin covid-19 di Indonesia, temuan menarik
dalam penelitian ini adalah ditemukannya media karismatik yang mampu menjadi media
sentral dalam publikasi vaksin Covid-19 di Indonesia
Deskripsi Lengkap