Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0057-2021/ETS-Kom And f
Judul Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Online Engagement pada Komunikasi Publik melalui Media Sosial Organisasi Publik (Studi pada Media Sosial Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan)
Pengarang Andhita Vidya Putri
Penerbit dan Distribusi 2021
Subjek komunikasi, media sosial, Instagram, online engagement, analisis isi
Kata Kunci komunikasi, media sosial, Instagram, online engagement, analisis isi
Lokasi
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0057-2021/ETS-Kom And f 0057-2021/ETS-Kom And f TERSEDIA
File Digital
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77509
Sampul
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menjelaskan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi online engagement pada komunikasi publik yang dilakukan oleh organisasi melalui media sosial Instagramnya, serta mendeskripsikan pesan organisasi publik dan keterlibatan publik dalam bentuk online engagement, yang dilihat dari sisi komunikasi dialogis, kekayaan media dan karakteristik pesan, dalam rangka melihat hubungan antara organisasi dengan publik. Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dengan pendekatan kuantitatif melalui metode analisis isi ekplanatif. Analisis isi dilakukan pada postingan Instagram Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan @ditjenperbendaharaan dari tanggal 1 Januari 2020 sampai dengan tanggal 31 Desember 2020, yaitu sebanyak 327 postingan. Penelitian ini menemukan bahwa komunikasi dialogis adalah dimensi yang memiliki variabel paling banyak dan paling besar dalam mempengaruhi online engagement, jumlah like maupun jumlah comment. Faktor atau variabel yang paling berpengaruh secara signifikan pada online engagement adalah variabel tanggapan atau komentar atau jawaban atau like organisasi atas komentar atau pertanyaan publik dan variabel gambaran mengenai acara atau kegiatan organisasi. Sedangkan faktor atau variabel yang paling berpengaruh secara signifikan pada jumlah comment adalah variabel pesan ajakan untuk bertindak, variabel tanggapan atau komentar atau jawaban atau like organisasi atas komentar atau pertanyaan publik, variabel informasi mengenai produk atau layanan organisasi, variabel gambaran mengenai acara atau kegiatan organisasi dimasa kini dan gambaran mengenai rencana agenda acara atau kegiatan organisasi dimasa yang akan datang, serta variabel yang mengandung educational content.