Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menjelaskan mengenai faktor-faktor yang
mempengaruhi online engagement pada komunikasi publik yang dilakukan oleh
organisasi melalui media sosial Instagramnya, serta mendeskripsikan pesan organisasi
publik dan keterlibatan publik dalam bentuk online engagement, yang dilihat dari sisi
komunikasi dialogis, kekayaan media dan karakteristik pesan, dalam rangka melihat
hubungan antara organisasi dengan publik. Penelitian ini menggunakan paradigma
positivistik dengan pendekatan kuantitatif melalui metode analisis isi ekplanatif. Analisis
isi dilakukan pada postingan Instagram Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian
Keuangan @ditjenperbendaharaan dari tanggal 1 Januari 2020 sampai dengan tanggal
31 Desember 2020, yaitu sebanyak 327 postingan. Penelitian ini menemukan bahwa
komunikasi dialogis adalah dimensi yang memiliki variabel paling banyak dan paling
besar dalam mempengaruhi online engagement, jumlah like maupun jumlah comment.
Faktor atau variabel yang paling berpengaruh secara signifikan pada online engagement
adalah variabel tanggapan atau komentar atau jawaban atau like organisasi atas komentar
atau pertanyaan publik dan variabel gambaran mengenai acara atau kegiatan organisasi.
Sedangkan faktor atau variabel yang paling berpengaruh secara signifikan pada jumlah
comment adalah variabel pesan ajakan untuk bertindak, variabel tanggapan atau komentar
atau jawaban atau like organisasi atas komentar atau pertanyaan publik, variabel
informasi mengenai produk atau layanan organisasi, variabel gambaran mengenai acara
atau kegiatan organisasi dimasa kini dan gambaran mengenai rencana agenda acara atau
kegiatan organisasi dimasa yang akan datang, serta variabel yang mengandung
educational content.
Deskripsi Lengkap