Identitas korporasi suatu perusahaan erat kaitanya dengan komunikasi yang
dilakukan oleh perusahaan, baik yang dilakukan kepada internal maupun eksternal
perusahaan. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui identitas korporasi, strategi
komunikasi, serta komunikasi korporasi yang dilakukan oleh perusahaan secara
terintegrasi dalam pembentukan identias korporasi. Lotte Grosir yang dijadikan
penelitian ini adalah perusahaan ritel yang memiliki segmentasi para pelaku
usaha. Bagaimana strategi komunikasi korporasi yang dilakukan dalam proses
pembentukan identitas perusahaan peneliti kaji dalam keseharian perusahaan.
Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode deskriptif-evaluatif. Temuan
penelitian ini peneliti analisis menggunakan teknik pencocokan pola. Hasil
penelitian menyatakan bahwa identias korporasi perusahaan ternyata terkait
dengan faktor-faktor lain yakni: visi, budaya perusahaan asal, konsistensi, serta
sumber daya manusia itu sendiri. Strategi komunikasi korporasi yang terintegrasi
dinilai dapat meningkatkan kesadaran akan identitas korporasi bagi seluruh
pemangku kepentingan perusahaan, dan ada di dalam proses pembentukan
identitas korporasi itu sendiri, yakni melalui komunikasi internal yang dilakukan
kepada seluruh karyawan dalam pembentukan budaya perusahaan. Rekomendasi
penelitian ini adalah kedepannya dalam membangun identitas perusahaan
diperlukan sinergitas dan konsistensi dalam melakukan komunikasi, kebijakan
dan tindakan yang sesuai dari perusahaan dengan pernyataan identitasnya.
Evaluasi yang rutin baik secara internal dan eksternal juga perlu dilakukan untuk
mengetahui apakah perusahaan tersebut sudah dijalan yang benar dalam
membangun identitasnya.
Deskripsi Lengkap