Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0068-2021/ETS-Kom Din i
Judul Impression management Prabowo Subianto (Studi kasus: Kampanye Politik Prabowo Subianto Dalam Masa Kontestasi Pemilu Presiden 2019)
Pengarang Dinda Fajria
Penerbit dan Distribusi 2021
Subjek Impression management, Kampanye Politik, Komunikasi Politik
Kata Kunci Impression management, Kampanye Politik, Komunikasi Politik
Lokasi
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0068-2021/ETS-Kom Din i 0068-2021/ETS-Kom Din i TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77524
Sampul
Abstrak
Tesis ini membahas tentang strategi manajemen (impression management) yang digunakan oleh Prabowo Subianto dalam masa kontestasi pemilihan umum Presiden pada tahun 2019 yang lalu. Konsep utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah penerapan strategi manajemen impresi oleh Prabowo Subianto dan tim dengan teori impression management oleh Jones and Pittman yang terdiri dari 5 kategori yaitu; ingratiation, self-promotion, exemplification, intimidation dan supplication. Penelitian ini adalah penelitian qualitative dengan teknik pengumpulan data dilakukan secara partisipasi langsung, observasi, analisis dokumen, dan wawancara dengan tim kampanye Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019. Berdasarkan hasil pengelolahan data, ditemukan bahwa tim kampanye Prabowo Subianto dapat mengelola pesan dan kesan positif pada Prabowo. Strategi yang dilakukan tim kampanye lebih banyak mengamplifikasi impression asli seorang Prabowo Subianto. Sedangkan strategi impression management yang diterapkan di sosial media antara lain; Ingratiation, Self Promotion, dan Exemplification. Berdasarkan temuan-temuan ini, dapat disimpulkan bahwa strategi utama dalam pemenangan Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019 adalah menonjolkan sosok dan karakter asli Prabowo tanpa memfokuskan pada impression management