Kerjasama pendidikan tinggi ASEAN pada dasarnya dibentuk untuk mendorong
pembentukan identitas regional di kalangan generasi muda. Mobilitas pelajar menjadi
salah satu program yang berkaitan dengan tujuan ini, salah satunya yaitu AUN-ACTS
(ASEAN Credit Transfer System) yang berada di bawah naungan AUN sebagai wadah
kerjasama resmi pendidikan tinggi di ASEAN. Namun, kenyataannya, mobilitas pelajar
Indonesia di intra-ASEAN masih sangat rendah dan hanya terfokus pada negara anggota
tertentu saja. Tulisan ini ditujukan untuk mengeksplorasi dan mengidentifikasi faktor-
faktor yang berpengaruh dalam proses penyelenggaraan program AUN-ACTS bagi
mobilitas pelajar intra-ASEAN serta menganalisis isu mobilitas pelajar dalam proses
regionalisasi pendidikan tinggi di tingkat regional dan global, melalui program AUN-
ACTS di Universitas Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus
tunggal, dengan wawancara dan studi pustaka sebagai instrumen pengambilan data.
Dengan kerangka pemikiran tata kelola multi dan regionalisasi pendidikan tinggi, penulis
menemukan bahwa mobilitas pelajar di intra-ASEAN yang masih timpang terjadi karena
mahasiswa menjadikan posisi universitas di peringkat dunia sebagai referensi untuk
menentukan pilihannya, sehingga lebih memilih untuk pergi ke negara maju. Selain itu,
AUN-ACTS masih mengalami sejumlah kendala yang bersifat teknis sebagai akibat dari
proses harmonisasi yang belum menyeluruh di seluruh universitas peserta untuk
mengakomodasi mobilitas pelajar. Hal ini diperparah dengan kelangsungan kompetisi
global yang mendorong negara anggota untuk menjadi lebih individualistik dalam
mendapatkan the biggest piece of the pie, melalui kerjasama dengan aktor luar regional
yang lebih mumpuni. Dengan penerapan model pengelolaannya yang masih berbasis
sukarela, tanpa adanya dorongan maupun insentif khusus, maka sulit bagi universitas
maupun negara anggota ASEAN untuk memprioritaskan kerjasama di intraregional.
Meskipun telah bergerak menuju harmonisasi pendidikan tinggi, negara anggota ASEAN
perlu berkomitmen untuk membantu satu sama lain dalam meningkatkan kualitas
pendidikan tinggi dan maju ke tahap kerjasama yang lebih erat.
Deskripsi Lengkap