Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0083-2021/ETS-Kom Kev p
Judul Pengaruh Persepsi Public Relations terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Citra Merek dan Kepercayaan Pelanggan (Studi pada Fintech Lending Investree)
Pengarang Kevin Zaprilan Lovis
Penerbit dan Distribusi 2021
Subjek Persepsi Public Relations, Loyalitas Pelanggan, Citra Merek, Kepercayaan Pelanggan, Fintech Lending
Kata Kunci Persepsi Public Relations, Loyalitas Pelanggan, Citra Merek, Kepercayaan Pelanggan, Fintech Lending
Lokasi
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0083-2021/ETS-Kom Kev p 0083-2021/ETS-Kom Kev p TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77550
Sampul
Abstrak
Citra merek dan kepercayaan pelanggan adalah hal yang penting dalam pembentukan loyalitas pelanggan. Di era persaingan bisnis yang ketat ini, loyalitas pelanggan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Banyak hal yang dapat dilakukan dalam membangun loyalitas pelanggan, diantaranya adalah melakukan pengelolaan citra merek yang baik dan juga menjaga kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan melalui upaya komunikasi dari public relations untuk membentuk persepsi public relations yang baik. Terlebih bagi industri fintech lending yang bergerak pada bidang keuangan dan teknologi, citra dan kepercayaan menjadi dua hal penting yang juga perlu diperhatikan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh persepsi public relations terhadap loyalitas pelanggan secara langsung dan tidak langsung melalui citra merek dan kepercayaan pelanggan pada industri fintech lending. Dengan menggunakan paradigma positivis dan pendekatan kuantitatif, penelitian ini dilakukan terhadap 400 sampel penelitian dengan menggunakan survei berbentuk kuesioner. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis jalur SPSS menunjukkan bahwa persepsi public relations tidak mempengaruhi loyalitas pelanggan secara langsung dan signifikan. Tidak hanya itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa persepsi public relations mempengaruhi loyalitas pelanggan secara tidak langsung melalui citra merek dan kepercayaan pelanggan secara parsial. Akan tetapi, pengaruh tidak langsung melalui citra merek lebih baik dibandingkan dengan kepercayaan pelanggan.