Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0086-2021/ETS-Kom Mar m
Judul Manajemen Impresi Pengguna Aplikasi Kencan Usia Dewasa di Jakarta
Pengarang Maria Sagita
Penerbit dan Distribusi 2021
Subjek Manajemen Impresi, Aplikasi Kencan Daring, Computer-Mediated Communication
Kata Kunci Manajemen Impresi, Aplikasi Kencan Daring, Computer-Mediated Communication
Lokasi
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0086-2021/ETS-Kom Mar m 0086-2021/ETS-Kom Mar m TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77553
Sampul
Abstrak
Aplikasi kencan daring kini menjadi cara populer untuk mencari pasangan romantis. Proses pencarian calon pasangan romantis di aplikasi kencan daring berkaitan dengan bagaimana para pengguna melakukan manajemen impresi di hadapan para calon pasangan romantis mereka secara daring. Tujuan penelitian ini adalah mengkonfirmasi bagaimana para lajang usia dewasa di Jakarta melakukan manajemen impresi dalam bentuk pembuatan profil dan proses percakapan berdasarkan motivasi, dan strategi manajemen impresi yang mereka lakukan di aplikasi kencan daring, serta bagaimana mereka melakukan penyeleksian calon pasangan romantis berdasarkan profil dan percakapan yang calon pasangan romantis tersebut konstruksikan di aplikasi kencan daring. Dengan pendekatan kualitatif yang berdasarkan paradigma post-positivistik dan metode studi kasus terhadap pengguna Tinder, Tantan dan OKCupid, penelitian ini menunjukkan bahwa para pengguna aplikasi kencan daring usia dewasa di Jakarta yang sedang mencari pasangan romantis menggunakan strategi manajemen impresi ingratiation, dengan taktik favor doing, self enhancement dan other enhancement. Kendati demikian, mereka hanya melakukan manajemen impresi secara ringan dan tetap menampilkan sisi asli mereka di media daring, baik di tahapan pre-match maupun percakapan. Selain itu penelitian ini juga memformulasikan fase penyeleksian calon pasangan romantis dalam aplikasi kencan daring, dimana konstruksi foto pada profil serta konstruksi similarity, reciprocal dan intimacy dalam percakapan memegang peranan penting dalam proses penyeleksian calon pasangan romantis.