Penyebaran pesan komunikasi tengah berkembang pesat seiring dengan munculnya media digital. Segala aspek kehidupan juga mengikuti perkembangan media baru, termasuk bimbingan belajar (bimbel). Berkembangnya teknologi juga menghadirkan bimbingan belajar secara virtual. Salah satunya bimbel online Ruangguru. Ruanggguru dapat diakses dengan praktis lewat handphone, laptop atau perangkat elektronik lainnya. Untuk dapat bersaing, Ruangguru perlu strategi komunikasi yang tepat. Salah satu strategi komunikasi yang dikenal oleh kalangan pemasar adalah positioning. Melalui strategi ini, perusahaan menentukan citra yang tertanam di benak konsumen, mempertimbangkan pesaingnya, serta menganalisis kekuatan dan kelemahan mereka. Di era digital, berbagai bisnis jasa pembelajaran seperti Ruangguru, juga mengembangan layanan dan komunikasi pemasarannya melalui medium digital. Positioning bimbingan belajar ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan media sosial yang kini lebih relevan digunakan oleh masyarakat sehari- hari dibandingkan media konvensional. Penelitian ini akan melihat strategi komunikasi yang dilakukan Ruangguru lewat pesan-pesan yang disampaikan melalui konten- konten yang diunggah, KOL yang dipilih dan ditampilkan, serta kampanye di platform- platform media sosialnya.
Deskripsi Lengkap