Penelitian ini menelaah mengenai proses komunikasi melalui perantara komputerisasi atau Computer Mediated Communication dengan menggunakan variabel user interface design yang merupakan tampilan dari suatu sistem. Penggunaan sistem teknologi bernama Learning Management System (LMS) MyScool dalam proses belajar merupakan suatu hal yang baru di Indonesia, karenanya menyediakan sistem yang dapat diterima oleh guru dan murid adalah suatu hal yang penting. Penelitian ini juga mengaitkan teori Technology Acceptance Model (TAM) dan faktor didalamnya untuk melihat bagaimana user interface design pada LMS dapat diterima dan mempengaruhi niat berperilaku guru dan siswa untuk belajar online dengan menggunakan LMS MyScool. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan pengaruh masing-masing elemen dari user interface design, yaitu argument quality, image appeal, navigation design, dan connectedness terhadap niat berperilaku pengguna. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode Regresi Linear Sederhana pada guru dan murid di beberapa sekolah di pulau Jawa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial elemen user interface design dalam LMS MyScool yang berupa argument quality dan navigation design memberikan pengaruh positif terhadap faktor PU dan navigation design memberikan pengaruh positif terhadap faktor PEoU. sedangkan image appeal dan connectedness tidak memberikan pengaruh positif pada PU ataupun PEoU. Namun secara keseluruhan, user interface design dalam LMS MyScool memberikan pengaruh positif terhadap behavioral intention pengguna LMS MyScool.
Deskripsi Lengkap