Penanganan krisis akibat masa pandemi Covid-19 mendorong perlunya adaptasi baru dalam pola hidup sehat, sehingga perusahaan membuat kampanye kesehatan kepada pegawai. Kampanye ini dilakukan melindungi pegawai dari Covid-19 serta agar perusahaan tetap dapat menjalankan kegiatan operasional di masa pandemi Covid-19. Kampanye dilakukan melalui berbagai cara, di antaranya video yang disebarkan di media sosial atau arahan melalui memorandum, poster, sosialisasi, dan Covid Ranger. Tesis ini menggunakan Desain Kerangka Pesan Komunikasi Kesehatan oleh Noar sebagai teori utama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma post-positivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi pada video dan beberapa alat kampanye yang digunakan serta wawancara pada manajemen dan pegawai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video kampanye belum menjadi alat kampanye yang efektif, karena hanya dibuat satu kali dan bersifat instruksional. Sistem monitoring yang disertai dengan kepemimpinan belum direalisasikan sehingga menjadi kendala dalam pelaksanaan protokol yang ketat.
Deskripsi Lengkap