Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0108-2021/ETS-Kom Tri k
Judul Kompetensi Komunikasi Guru Dalam Literasi Siswa Studi Kasus Gerakan Literasi Sekolah SMPN 1 Depok
Pengarang Triana Noermalia
Penerbit dan Distribusi 2021
Subjek Kompetensi Komunikasi, Gerakan Literasi Sekolah, Guru
Kata Kunci Kompetensi Komunikasi, Gerakan Literasi Sekolah, Guru
Lokasi
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0108-2021/ETS-Kom Tri k 0108-2021/ETS-Kom Tri k TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77577
Sampul
Abstrak
Kemampuan literasi siswa Indonesia yang masih tergolong rendah sedikit banyak dipengaruhi oleh strategi pembelajaran yang diaplikasikan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Kualitas guru sebagai fasilitator pembelajaran berkaitan dengan kompetensi komunikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengidentifikasi bagaimana kompetensi komunikasi guru sebagai komunikator dalam pelaksanaan program GLS sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang giat melakukan kegiatan literasi. Penelitian ini menggunakan konsep kompetensi komunikasi guru Rubin & Feezel (1986). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam terhadap lima orang narasumber, tiga orang guru sebagai narasumber utama, serta kepala sekolah, dan satu orang siswa. Riset ini menemukan bahwa kompetensi komunikasi guru terlihat dari fleksibilitas dan perhatian guru terhadap siswa hingga dapat berkomunikasi dengan efektif dan sesuai. Komunikasi antara guru dan siswa dapat berjalan dengan baik karena adanya fleksibitas guru. Guru yang bisa mendengarkan dan menerima aspirasi siswa, senantiasa mencari tahu apa yang memiliki keterkaitan dengan siswa, menjadikan siswa sebagai temannya namun tetap dapat bersikap tegas dalam konteks tertentu, dan senantiasa mencari celah untuk menarik perhatian siswa agar siswa tetap termotivasi untuk mengikuti kegiatan literasi.