Komunikasi internal merupakan salah satu faktor penentu sebuah perusahaan untuk dapat meningkatkan engagement antar karyawan agar dapat berkolaborasi dalam mendukung produktivitas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan implementasi public relations dalam membangun komunikasi internal perusahaan. Konsep dalam penelitian ini adalah public relations, komunikasi internal, dan strategi public relations. Metode penelitian adalah kualitatif dengan teknik wawancara mendalam terhadap key informan dan informan di antaranya public relations dan para karyawan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa public relations tidak hanya sebagai pelaksana strategi perusahaan tetapi juga berperan dan ambil andil dalam penyusunan strategi dalam membangun komunikasi internal perusahaan. Public relations melakukan tiga dari delapan aksi dari proactive strategy, yaitu audience engagement, special events, dan volunteerism. Tiga aksi tersebut dilakukan untuk dapat membangun komunikasi internal perusahaan sesuai dengan fokus dari tujuan yang ingin dicapai perusahaan. Public relations juga memperhatikan hal atau unsur-unsur penting sebelum melakukan aktivitas dari strategi tersebut sehingga komunikasi internal dapat berjalan dengan baik terutama dengan para karyawan meningkatkan engagement antar karyawan.
Deskripsi Lengkap