Deskripsi Lengkap

PengarangMarlin Simatupang
JudulStudi Kriminologis Terhadap Catatan Kriminal Dalam Bentuk Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Dan Bahaya Sosialnya
Pembimbing/SupervisorDr. Iqrak Sulhin, M.Si.
Bahasa UtamaIND
AbstrakRiset ini mengkaji tentang catatan kriminal sebagai salah satu bentuk legal stigma oleh negara dalam studi kriminologis. Ruang lingkup penelitian ini terletak pada SKCK dan bahaya sosialnya. Tujuan penelitian bertujuan untuk menjelaskan catatan kriminal (SKCK) sebagai bentuk legal stigma yang dilakukan negara terhadap masyarakat dan melakukan deskripsi dampak sosial yang ditimbulkannya. SKCK akan dibahas dalam sudut pandang normalisasi, dan dampak sosial. Selanjutnya, analisis legal stigma melalui SKCK menggunakan teori stigma dan labelling. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara dan studi dokumen sebagai teknik pengumpulan datanya. Hasil penelitian ini adalah implementasi penerbitan SKCK yang dilakukan negara sebagai bentuk legal stigma dan labelling kepada masyarakat. Oleh karena itu, dampak sosial yang ditimbulkan berada pada ranah stereotip, labelling, dan diskriminasi.
Jenis BahanTesis
Kode BahasaIND
Catatan Umum
No. Induk0002-2021/ETS-Kri Mar s
No. Barkod0002-2021/ETS-Kri Mar s
Kata KunciBahaya sosial, diskriminasi, labelling, SKCK, stigma
Kota TerbitDepok
Tahun2021
SubjekBahaya sosial, diskriminasi, labelling, SKCK, stigma
Tahun Buka Akses
Catatan Bibliografi
PenerbitFISIP UI
Pemilik
Pembatasan Akses
Lokasi
Catatan Disertasi
Akses dan Lokasi Elektronik
Sumber Koleksi
Deskripsi Fisik
Catatan Bahasa
No. Panggil0002-2021/ETS-Kri Mar s
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0002-2021/ETS-Kri Mar s 0002-2021/ETS-Kri Mar s TERSEDIA
File Digital
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77625
Sampul
Abstrak
Riset ini mengkaji tentang catatan kriminal sebagai salah satu bentuk legal stigma oleh negara dalam studi kriminologis. Ruang lingkup penelitian ini terletak pada SKCK dan bahaya sosialnya. Tujuan penelitian bertujuan untuk menjelaskan catatan kriminal (SKCK) sebagai bentuk legal stigma yang dilakukan negara terhadap masyarakat dan melakukan deskripsi dampak sosial yang ditimbulkannya. SKCK akan dibahas dalam sudut pandang normalisasi, dan dampak sosial. Selanjutnya, analisis legal stigma melalui SKCK menggunakan teori stigma dan labelling. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara dan studi dokumen sebagai teknik pengumpulan datanya. Hasil penelitian ini adalah implementasi penerbitan SKCK yang dilakukan negara sebagai bentuk legal stigma dan labelling kepada masyarakat. Oleh karena itu, dampak sosial yang ditimbulkan berada pada ranah stereotip, labelling, dan diskriminasi.