Celebrity endorsement merupakan salah satu strategi marketing yang paling sering dilakuan oleh para pelaku
bisnis. Pemanfaatan celebrity endorsement saat ini menjadi semakin personal dimana promosi tidak hanya
dilakukan melalui media sosial bisnis perusahaan tersebut, tetapi juga dilakukan pada media sosial selebriti
tersebut. Hal ini mengarah pada kemunculan Social Media Influencer atau SMI. Dalam menyajikan konten
promosi, seorang SMI membawa nilai, elemen, atau tema inti dari konten yang disebut sebagai news values.
Analisis news values dilakukan pada konten Cristiano Ronaldo yang merupakan selebriti dan SMI. Melalui
analisis konten secara eksplanatif dalam jurnal ilmiah ini menunjukan bahwa Cristiano Ronaldo sebagai SMI
dengan status selebriti memberikan news values yang kuat pada setiap konten yang diberikan. Hasil analisis
menunjukkan bahwa dalam pengaplikasiannya, news values konten promosi produk Nike oleh Cristiano Ronaldo
yaitu, entertainment, celebrity, good news, surprise, magnitude, audio-visuals, motivasi, testimonial, challenge,
dan momen. Entertainment serta celebrity menjadi salah satu news values paling kuat pada konten Instagram
Cristiano Ronaldo.
Deskripsi Lengkap