Penelitian ini akan mengkritik penekanan berlebih pada konsep brand ambassador
yang dikemukakan oleh Lea-Greenwood yang ditemukan pada beberapa penelitian
terdahulu yang menghubungkan antara pengaruh dari brand ambassador terhadap
purchase decision produk smartphone. Pada dasarnya, konsep brand ambassador
Lea-Greenwood tersebut difokuskan pada konteks pemasaran produk fashion dan
mengatakan bahwa brand ambassador dapat menjadi representasi ciri khas fisik
dari produk fashion yang ada. Namun, smartphone merupakan produk yang berbeda
segmen dan juga karakteristik dengan fashion dan bersifat lebih kompleks dalam
segi fiturnya. Oleh karena itu, selain mengkritik, penelitian ini juga akan melihat
adanya variabel lain yang berpengaruh secara signifikan terhadap purchase
decision produk smartphone, yaitu online consumer reviews. Studi ini
menunjukkan bahwa beberapa penelitian terdahulu mengenai pengaruh online
consumer reviews terhadap purchase decision cenderung menunjukkan adanya
hubungan yang positif dan signifikan pada kedua variabel tersebut, berbeda dengan
konteks variabel brand ambassador menurut Lea-Greenwood yang menunjukkan
adanya fluktuasi.
Deskripsi Lengkap