Kondisi kesehatan mental emosional dan perilaku anak-anak di panti asuhan merupakan
hal yang rentan dan harus dipelihara agar anak-anak tersebut dapat tumbuh dan
berkembang sebagai manusia yang berfungsi sosial secara baik. Kajian literatur ini
membahas terkait masalah perkembangan mental emosional dan perilaku yang dialami
oleh anak-anak yang tinggal di panti asuhan menggunakan metode penulisan tinjauan
literatur yang dikemukakan oleh Knopf (2006). Peneliti telah memilih tujuh penelitian
terdahulu yang membahas terkait masalah perkembangan mental emosional dan perilaku
anak di panti asuhan, diantaranya adalah penelitian milik Sulaiman & Mansoer (2019),
Hidayati (2018), Wetarini et. al (2018), Riyadi et. al (2014), Rahmah et. al (2014),
Haryanti et. al (2016), dan Kaur et. al (2018). Kajian literatur ini bertujuan untuk
menganalisis ketujuh penelitian terdahulu yang sudah terpilih, dan membahas
perkembangan mental emosional dan perilaku anak di panti asuhan. Selain itu, peneliti
juga membahas faktor-faktor yang mempengaruhi serta membandingkannya dengan
anak-anak yang diasuh oleh orang tua kandungnya. Hasil dan kesimpulan dari kajian
literatur ini adalah adanya perbedaan dalam perkembangan mental emosional serta
perilaku anak-anak yang tinggal di panti asuhan dengan anak yang diasuh oleh orang tua
kandungnya, dimana anak-anak yang tinggal di panti asuhan memiliki serangkaian
masalah seperti emotional loneliness, depresi, dan juga masalah perilaku. Kajian literatur
ini dapat menjadi landasan bagi penelitian empirik, terutama penelitian dalam lingkup
perkembangan anak, perkembangan mental emosional dan perilaku, dan juga anak dalam
panti asuhan. Selain itu, kajian literatur ini dapat memberikan wawasan tambahan untuk
beberapa mata kuliah di Ilmu Kesejahteraan Sosial, diantaranya adalah mata kuliah
Tingkah Laku Manusia, Kesehatan Jiwa Berbasis Komunitas, dan Kesejahteraan dan
Perlindungan Anak, terutama dalam bidang perkembangan anak dan kesehatan mental
emosional dan perilaku anak.
Deskripsi Lengkap