Penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan Employee Assistance Programs
(EAP) yang dilakukan oleh Iradat Konsultan (IK) sebagai salah satu penyedia jasa
layanan EAP di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
desain deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah satu orang manajer EAP, satu
orang koordinator EAP, dan psikolog atau praktisi EAP sebanyak tiga orang. Seluruh
proses penelitian dilakukan sejak September 2020 sampai dengan Juli 2021. Selama
jangka waktu tersebut, pengambilan data dilakukan dengan wawancara secara online
menggunakan google meeting dan WhatsApp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IK
sebagai salah satu penyedia jasa layanan EAP melaksanakan program EAP dengan baik.
Dalam melaksanakan program EAP, IK memberikan layanan kepada pekerja yang
memiliki permasalahan terkait dengan keluarga, pekerjaan, dan masalah yang bersumber
dari dalam diri pekerja. Dalam menyalurkan layanan EAP kepada klien, IK menerapkan
model EAP komprehensif dan menggunakan metode konseling yang disesuaikan
berdasarkan permasalahan pekerja. Pelaksanaan program EAP di IK mampu
menghasilkan layanan yang dapat membantu pekerja menyelesaikan masalah mereka
yang terlihat dari meningkatnya stabilitas emosi dan meningkatnya performa pekerja.
Selain itu, dalam melaksanakan program EAP, IK juga menemukan beberapa kendala
seperti kendala administrasi, permasalahan klien yang terus berkembang dari waktu ke
waktu, bertemu klien yang menutup diri, serta adanya kesalahan pandangan terhadap
EAP.
Deskripsi Lengkap