Deskripsi Lengkap

Skripsi
No. Panggil : 0039-2021/ESK-POL Sat p
Judul : Penggunaan Strategi Kampanye Pemasaran Politik dalam Kemenangan Sadiq Khan pada Pemilihan Walikota London Tahun 2016
Pengarang : Satya Azyumar
Strata :
Pembimbing : Syahrul Hidayat, Ph.D
Fakultas : FISIP
Tahun : 2021
Open/Membership :
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0039-2021/ESK-POL Sat p 0039-2021/ESK-POL Sat p TERSEDIA
File Digital
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77747
Sampul
Abstrak
Terlepas dari seluruh tantangan yang dirinya hadapi, Sadiq Khan berhasil memenangkan pemilihan walikota London. Sehingga, penelitian ini membahas tentang faktor strategi kampanye yang dilakukan oleh Khan. Selain karena belum pernah dibahas sebelumnya, strategi Khan berhasil mengantarkan kemenangan di beberapa wilayah London yang sebelumnya merupakan daerah pendukung Partai Konservatif. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini akan menggunakan model strategi Marketing Campaign yang dikemukakan oleh Bruce I. Newman untuk menjelaskan langkah apa saja yang perlu dilalui oleh seorang kandidat dalam memenangkan kontestasi politik. Melalui tiga indikator dari model tersebut, yaitu voter segmentation, candidate positioning, dan strategy implementation, penelitian ini menjelaskan mengapa strategi yang dilakukan oleh Khan dan timnya memiliki pengaruh penting pada kemenangannya. Penelitian ini menemukan bahwa berdasarkan serangkaian pemilihan walikota, London dapat dimenangkan oleh calon yang berasal dari kelompok siapa saja dengan strategi yang tepat. Khan berhasil memposisikan dirinya sebagai sosok yang dapat diterima dan diidentifikasi oleh masyarakat London secara umum. Khan juga melakukan kampanye ke seluruh wilayah di London, berbeda dengan doughnut strategy yang sebelumnya digunakan oleh Boris Johnson. Meskipun tidak menjadi satu-satunya faktor kemenangan, strategi kampanye Khan memainkan peranan penting dalam keberhasilannya.