Jurnal ini mengkaji dampak COVID-19 pada institusi pendidikan tinggi di Indonesia dan Amerika Serikat.
Jurnal ini memberikan analisis komparatif terhadap peran pemerintah, lembaga pendidikan tinggi, dan
tantangan yang dihadapi. Selain itu, jurnal ini akan menilai bagaimana pandemi dapat mendisrupsi institusi
pendidikan tinggi dalam jangka panjang. Jurnal ini menggunakan analisa dokumen kualitatif pada literatur,
laporan yang didedikasikan untuk institusi pendidikan tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa
permasalahan rumit yang ditemukan di perguruan tinggi menurunkan kemampuan untuk mencapai
pemerataan pendidikan berkualitas. Krisis yang disebabkan oleh COVID-19 telah menciptakan tantangan
yang sulit diatasi bagi perguruan tinggi untuk menjadi lebih mudah diakses, khususnya terhadap kelompok
yang kurang mampu. Oleh karena itu, adopsi EdTech menjadi sangat penting dalam membuat pendidikan
tinggi lebih mudah diakses dan mengurangi kesenjangan pendidikan yang secara tidak proporsional
mempengaruhi kelompok masyarakat yang kurang mampu. Penggunaan teknologi yang lazim seperti itu
diharapkan akan bertahan dalam jangka panjang.
Deskripsi Lengkap