Penelitian ini membahas mengenai peran Modal Sosial yang dimiliki oleh para pelaku
usaha online Mahasiswa FISIP UI dalam menjalankan usaha online nya di saat pandemi
Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Informan dalam penelitian ini ialah 8 Mahasiswa FISIP UI yang memiliki
usaha online saat pandemi Covid-19 dan 1 informan perwakilan dari BEM FISIP UI.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah wawancara
mendalam secara daring serta observasi virtual yang dilakukan pada tahun 2021. Hasil
penelitian ini menguraikan bentuk-bentuk modal sosial yang dimiliki Mahasiswa FISIP
UI beserta peran modal sosial tersebut terhadap usaha online Mahasiwa FISIP UI. Adapun
peran modal sosial yang dimiliki Mahasiswa FISIP UI pada usaha online yang mereka
jalani ialah; jaringan sosial berperan dalam memasarkan produk usaha; dukungan sosial
yang dimiliki berperan dalam memotivasi untuk menjalankan usaha online; kolektif di
masyarakat untuk saling membantu bisnis orang lain di tengah kondisi pandemi.
Deskripsi Lengkap