Skripsi ini membahas mengenai dukungan sosial yang diberikan oleh orang tua terhadap
anak dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di TK Labschool Jakarta. Tujuan
dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk dukungan sosial orang tua
terhadap anak dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di TK Labschool
Jakarta; (2) mendeskripsikan faktor pendorong dan penghambat pemberian dukungan
sosial orang tua terhadap anak dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di TK
Labschool Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
deskriptif. Penelitian ini dilakukan sejak April hingga Juli 2021, melalui wawancara
mendalam secara daring dengan para informan yaitu wakil kepala sekolah, guru, orang
tua, dan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk dukungan sosial yang
diberikan oleh orang tua terhadap anak yaitu meliputi dukungan emosional, dukungan
penghargaan, dukungan instrumental, dan dukungan informasi. Faktor pendorong dalam
pemberian dukungan sosial oleh orang tua selama PJJ diantaranya adalah harapan orang
tua agar anak dapat beradaptasi dalam sistem sekolah online, kekhawatiran orang tua
bahwa anak akan kesulitan jika tidak didampingi karena anak masih berada di jenjang
TK, dan terkait dengan tuntutan anak kedepannya. Sedangkan faktor penghambatnya
adalah gangguan jaringan internet, kesibukan orang tua, dan kesulitan orang tua untuk
menahan dan melatih kesabaran.
Deskripsi Lengkap