Skripsi ini membahas pengembangan kapital sosial pelaku UKM melalui pemanfaatan Pasar
Online Mekarsari (POM). Penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
deskriptif ini dilakukan dari bulan September 2020 hingga bulan Mei 2021. Pengumpulan
data dilakukan melalui wawancara mendalam yang melibatkan sebanyak 6 informan dan
observasi partisipatoris. Penelitian ini menjelaskan proses pengembangan kapital sosial
antara anggota POM melalui identifikasi kegiatan terhadap bentuk kapital sosial. Penelitian
ini menjelaskan bahwa bentuk kapital sosial yang teridentifikasi dalam kegiatan pelaku UKM
di POM meliputi obligations, expectations, and trustworthiness of structures, information
channels, dan norms and effective sanctions. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa
melalui berbagai kegiatan yang diikuti oleh anggotanya, maka relasi sosial antara anggota
POM sebagai aktor sosial terus berkembang meskipun seluruh kegiatan dilakukan secara
daring melalui platform chatting online. Selain itu, manfaat yang didapatkan dari keterlibatan
anggotanya di POM nyata dan terasa secara luring. Manfaat yang didapatkan dari kapital
sosial yang telah terbentuk berupa manfaat informasi dan solidaritas.
Deskripsi Lengkap