Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program Hystar dan juga
mendeskripsikan dampaknya terhadap kepuasan kerja karyawan pada Hotel Grand Hyatt.
Penelitian ini dilakukan pada tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan studi deskriptif dan pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi dan
wawancara yang dilakukan secara daring dengan 7 orang informan yang terdiri dari pihak
human resources dan karyawan hotel Grand Hyatt Jakarta. Hasil dari penelitian ini
menunjukan bahwa program Hystar merupakan bentuk reward ekstrinsik yang diberikan
kepada karyawan melalui mekanisme penilaian yang diberikan oleh tamu. Implementasi
program Hystar telah berjalan dengan baik meskipun terdapat beberapa hambatan seperti
hambatan dari pihak manajemen terkait proses tanda tangan, mekanisme penilaian dari
tamu yang tidak bisa diprediksi, dan adanya ketidakadilan yang dirasakan oleh karyawan
bagian back office karena tidak langsung berhubungan dengan tamu. Namun demikian,
diketahui bahwa program Hystar telah memberikan dampak yang baik dalam
meningkatkan kepuasan kerja karyawan hotel.
Deskripsi Lengkap